yayasan gskb malang
Foto saat melakukan pembekalan menulis reportase. Dari kanan Robby Ikrom Maulana (Ketua GSKB), Eka Widiya Sari, Dela Romadhona, dan Sandi Iswahyudi

“Perasaan saya shok, gak nyangka, gara-gara nulis, cuma kegiatan curahin pikiran ke bentuk tulisan. Malah nganterin saya liburan ke Pulau Lombok, naik pesawat dan tidur di hotel,” kisah Dela Romadhona, dari LKSA Aisyiyah, Dau.

Sedangkan bagi Eka Widiya Sari, LKSA Aisyiyah Reverside, Dau, perjalanannya ini akan mengantarkannya untuk meraih salah satu mimpinya, “Saya senang sekali, karena di sini, Insyaa Allah saya bisa mewujudkan salah satu mimpi saya, yaitu menerbitkan sebuah buku.”

Itulah dua adik panti yang mendapatkan hadiah perjalanan gratis ke Pulau Lombok pada Senin-Kamis (18-21/12), atas prestasi mereka menjadi tulisan terbaik satu dan dua, pada lomba menulis yang diadakan oleh Yayasan GSKB.

Perjalanan ini kami kemas dalam karya, sehingga kami menyebutnya, PMK (Perjalanan Menemukan Karya) #1. Robby Ikrom Maulana, Ketua Yayasan GSKB mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi pada mereka untuk lebih semangat lagi dalam berkarya serta harapannya mereka mampu menangkap makna dibalik karya Allah, yang nantinya dikonversikan dalam bentuk tulisan.

Sebelum berangkat ke Pulau Lombok, pada Sabtu (16/12) kami memberikan pembekalan dasar, yaitu menulis reportase dan public speaking. Sesi menulis reportase, diisi oleh Sandi Iswahyudi. Sandi membagikan tujuh langkah praktis menulis reportase.

Selanjutnya, sesi public speaking disampaikan oleh Anis Purwa Ningrum di LKSA Aisyiyah Reverside, Dau. Menurutnya kemampuan berbicara di depan umum sangat penting, mengingat rata-rata aktivitas adalah berbicara.

Setidaknya PMK memiliki empat tujuan dasar yaitu, pertama memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi adik-adik. Kedua memberi apresiasi atas keberanian mereka menuangkan pemikiran dalam bentuk tulisan.

yayasan gskb malang pulau lombok
Foto saat sampai di Bandara International Lombok. Dari kanan Eka Widiya Sari, Nur Rohman, dan Dela Romadhona

Ketiga, memotivasi mereka untuk selalu berkarya. Keempat, membuktikan secara riil jika dengan seseorang menulis, akan mendapatkan manfaat secara psikologis hingga materi.

Luaran dari kegiatan ini yaitu mereka menghasilkan tulisan pengalaman perjalanan selama liburan di Pulau Lombok yang nanti akan dipublikasikan diwebsite, vlog, dan video streaming.

Secara garis besar kegiatan PMK #1 di Pulau Lombok adalah rekreasi ke wisata alam, sejarah, dan religius. Kemudian silaturrahim ke panti asuhan di Pulau Lombok, sambil mereka bercerita ke adik-adik panti tentang pengalaman menulis mereka.

Penulis Sandi Iswahyudi

1 KOMENTAR

  1. Kita akan merasa bahagia, jika dengan tulus dan semangat membahagiakan orang lain, seperti halnya yang teman-teman lakukan ini, mengantarkan adik-adik yang kita tahu mereka butuh perhatian, kita telah memberikan pelayanan yang ekstra luar biasa, hingga mereka benar-benar bahagia bisa jalan-jalan menyusuri nusantara dengan cara yang spektakuler, saya mengatakan demikian, karena luar biasa. Semoga sukses kedepannya, Aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here